Soal UAS Sistem Distribusi (Semester I)

UJIAN AKHIR SEMESTER

Mata kuliah : Sistem Distribusi
Tanggal Ujian : 31 Mei 2012
Dosen : I Wayan Suriana, ST., MT

Soal :

1. SCADA adalah singkatan dari Supervisory Control and Data Acquisition, merupakan pendukung utama dalam sistem ketenagalistrikan, baik pada sisi pembangkit, transmisi, maupun distribusi. Jelaskan jawaban saudara, apa yang saudara ketahui tentang SCADA ?

2. Suatu faktor utama yang paling penting dalam perencanaan sistem distribusi adalah karakteristik dari berbagai beban. Sebutkan dan jelaskan beberapa faktor yang menentukan karakteristik beban tersebut?

3. Transformator tenaga dapat diklasifikasikan menurut sistem pemasangan dan cara pendinginannya. Sebutkan dan jelaskan secara singkat klasifikasi transformator daya tersebut?

4. Jelaskan secara singkat pengaruh faktor daya (p.f) terhadap rugi-rugi dijaringan serta apa pengaruhnya terhadap jaringan jika faktor daya renfah dan sebaliknya apabila faktor daya tinggi?

5. Alat pengaman atau pelindung adalah suatu alat yang berfungsi melindungi atau mengamankan suatu sistem penyaluran tenaga listrik dengan cara membatasi tegangan lebih (over voltage) atau arus lebih (over current) yang mengalir pada sistem tersebut, dan mengalirkannya ke tanah (ground). Sebutkan fungsi alat pengaman, kegunaan sistem pengaman dan persyaratan yang harus dipenuhi oleh alat pengaman tersebut ?

Untuk request kunci jawabannya silakan kirim request anda ke susantojoko@aol.com

Buka tugas kuliah lainnya !



 
;